Aplikasi Webcam Facebook Adalah Aplikasi Internet Terlaris

Jaringan Internet :: Pengertian, Fakta, Dampak Jaringan Internet

Pengertian Jaringan Internet

dampak jaringan internet
Pengertian jaringan Internet adalah suatu jaringan dari jaringan yang berinteraksi satu sama lain melalui pertukaran paket data.  Jaringan internet merupakan jaringan komputer terbesar, dan sering diistilahkan bahwa jaringan internet adalah network on network artinya jaringan internet itu adalah jaringan diatas jaringan komputer.
Jaringan Internet adalah sebuah alat liberalisasi kuat yang telah mengubah fungsi dunia. Salah satu fakta terbesar  jaringan internet bahwa batas antara negara sudah tidak berguna dalam skenario tertentu, dalam hal ini transfer data dan informasi menjadi sangat sederhana dan mudah didapakam. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa tehnologi internet ini akan memberikan dampak terhadap pola pemikiran dan pola perilaku masyarakat kita menjadi liberal dan akan merubah tatanan filosofi yang kita anut.

Fakta Jaringan Internet

Di negara-negara maju, penetrasi internet dan akses internet berjalan hampir 75%, hal ini berarti bahwa mayoritas duduk di negara maju sedang online. Di negara berkembang dan negara dunia ketiga, situasinya tidaklah begitu cepat perkembangannya dibanding dengan negara maju.  tetapi intinya bahwa jumlah ini akan meningkat lebih lanjut di semua negara di seluruh dunia, dan dengan segera setiap individu di dunia ini akan dapat terhubung ke world wide web.

Fakta-fakta menarik yang ada di Jaringan Internet

Ada banyak aspek yang menarik dari Internet, dan beberapa cerita-cerita menarik tentang muasal, evolusi dan sejarah jaringan komputer dan Internet.
  • Internet diciptakan pada tahun 1960-an oleh organisasi pertahanan Amerika Serikat. Baca lebih lanjut sejarah internet,
  • Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menciptakan istilah ‘World Wide Web’.
  • hard disk Pertama hanya mampu menyimpan hanya 5 MB data.
  • Mosaik adalah web browser pertama dirilis pada tahun 1993.
  • Ada sekitar satu miliar situs-web yang berjalan di situs web saat ini
Fakta-Mengenai Pola hidup di Jaringan Internet
Salah satu prestasi terbesar dari Internet adalah tehnologi yang sangat cepat perkembangannya. Alat ini merupakan kekuatan terbesar dan tanpa batas dalam memperoleh informasi.
  • Rata-rata, orang menghabiskan sekitar 51 menit per sesi berselancar di internet.
  • Waktu rata-rata melihat halaman web adalah sekitar 45 detik.
  • Pengguna Internet mencapai 50 juta dalam kurung 5 tahun.  radio Butuh 38 tahun, dan TV butuh 13 tahun untuk mencapai angka yang sama.
  • Meskipun  jumlah pengguna sangat tinggi, namun 80% dari populasi dunia belum menggunakan Internet.
  • Sekitar 70% pengguna Internet adalah laki-laki.
  • Jumlah total pengguna Internet di seluruh dunia adalah sekitar 2 miliar.
  • Orang yang menggunakan Internet berkedip 10 kali per menit, sedangkan orang yang tidak menggunakan Internet akan berkedip setidaknya sebanyak dua kali.
  • Swedia adalah negara dengan jumlah terbesar pengguna Internet, 78%.
  • Jaringan internet memunculkan perilaku menyimpang dalam hal seksulita, baca cyber-sex
Fakta Dampak Negatif Jaringan Internet
Salah satu ancaman terbesar bahwa jaringan internet membawa prilaku adiktif kecanduan internet dan keamanan Internet . baca dampak negatif jaringan internet
  • 70% Orang tua tidak mengetahui apa yang anak-anak mereka lakukan di internet.
  • Hampir 80% dari gambar di jaringan Internet adalah wanita-telanjang.
  • Ada kejahatan internet yang dilakukan di seluruh dunia setiap 10 detik. Baca cyber crime
Semua ini menarik dan aneh tapi inilah fakta sesuai angka-angka statistik yang menunjukkan seberapa kuat web telah benar-benar menjadi suatu hal yang luar biasa. Ada banyak kerugian yang ditimbulkan oleh Internet juga tapi hal ini juga tergantung sepenuhnya pada orang yang menggunakan layanan ini. Fakta-fakta Internet ini seharusnya cukup untuk membuat Anda berpikir untuk sementara waktu akan dampak jaringan internet.

Kegunaan Internet

Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari

kegunaan internet bagi pelajar siswa
kegunaan internet
Kegunaan Internet pada hidup kita jelas dan tidak dapat dikesampingkan. Digunakan dalam hampir setiap domain bisnis. kegunaan Internet secara populer telah dibahas secara rinci dalam artikel berikut.
Di jaman serba komputer saat ini, betapa akan menjadi sulitnya hidup ini jika tidak menggunakan Internet. Berpikir mengenai kegunaan internet, Untuk menemukan informasi, kita semua telah mengakuisisi kebiasaan  dengan ‘Googling’ di web,  dalam hitungan detik, layar segera menampilkan informasi yang dikehendaki. Ketika anda ingin bbooking tiket pesawat atau reservasi kamar hotel ketika anda liburan, atau sekedar nonton film bareng dengan teman-teman, Anda dapat memesannya hanya dengan klik sebuah tombol, melalui media Internet.
Banyak  diantara kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa menikmati manfaat internet, Internet memang telah membuat dunia ini menjadi kecil, kita dapat menjelajahi jagad ini, melihat situasi belahan dunia secara real time melalui layar monitor. hidup ini terasa lebih mudah karena revolusi teknologi telah memungkinkan kita untuk mengakses Internet dari mana saja melalui banyak cara. Sangat banyak kita rasakan kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini saya jelaskan kegunaan internet di berbagai sektor kehidupan.

Kegunaan Internet dalam bidang informasi:

Untuk orang awam, Internet hanyalah kumpulan situs web. Dan ada banyak situs yang melayani berbagai tujuan. Ada situs-situs berita, situs jaringan sosial, situs web yang menyediakan informasi dan situs-situs berbagai bisnis dan organisasi. Situs ini sering diperbarui untuk memberikan informasi akurat dan aktual kepada pengguna. Anda dapat menemukan semua hal di web hanya dengan browsing melalui beberapa website. Dengan kegunaan  internet, kita dapat menggunakan email, blog, chatting IM, situs jaringan sosial dan perangkat lunak komunikasi untuk berbagi. Internet telah membuat akses untuk informasi lebih murah dan lebih mudah dan hal ini telah menjadi umum pada kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Kegunaan Internet dalam bidang Bisnis & periklanan:

Hampir semua bisnis hari ini memiliki situs web, di mana mereka mempromosikan dan mengiklankan usaha  mereka sendiri. Kegunaan Internet dalam bidang Bisnis & periklanansecara ekstensif untuk promosi. Tidak hanya mempromosikan bisnis Anda tetapi Anda dapat juga secara efektif mengiklankan acara Anda atau apapun penyebab pada media ini. Ada banyak bisnis yang bergantung pada Internet untuk kelangsungan hidup mereka seperti saham dan call center, untuk beberapa nama. Itu telah mempromosikan akses cepat ke informasi yang diperlukan yang memperkuat proses bisnis.

Kegunaan Internet bagi Pelajar

Internet juga adalah sebuah media yang populer digunakan oleh para pelajar. Banyak siswa menikmati manfaat internet bagi pendidikan, seperti untuk mencari bahan pelajaran atau untuk mencari literatur atau referensi ilmu pengetahuan di perguruan tinggi atau universitas. Sekarang semua aplikasi dilakukan secara online di dunia maya melalui website oleh badan pendidikan untuk memudahkan pelajar dan mahasiswa untuk mengakses materi dan informasi di lembaga pendidikannya. Siswa menggunakan website untuk untuk melakukan tujuan tersebut, misalnya mengecek hasil ujian, jadwal ujian, prosedur dan aplikasi pembelajaran, dll. Siswa juga menggunakan kegunaan Internet untuk memperoleh bahan pelajaran misalnya gambar, video belajar untuk kepentingan pendidikannya. hal tersebut memeberikan keuntungan dari kegunaan internet bagi pelajar

Kegunaan Internet dalam bidang Komunikasi & jaringan:

Penggunaan Internet untuk jaringan ini sangat populer di antara semua kelompok umur. Dampak positif internet pada kehidupan masyarakat semakin dirasakan. ada banyak situs baik jaringan sosial yang digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi. Website ini menyediakan platform yang mudah dan efektif untuk memfasilitasi interaksi pengguna internet. Dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan internet digunakan sebagai  alat komunikasi, dengan cara mengakses melalui situs-situs jaringan, chatting website, blog, dll. Melalui website mereka juga dapat berbagi foto, bahkan real time video dengan orang orang dekatnya. Internet secara luas digunakan oleh pencari kerja untuk pencarian pekerjaan dan melamar pekerjaan. Fasilitas seperti video conferencing telah memungkinkan untuk melakukan wawancara secara online.

Kegunaan Internet dalam bidang Hiburan:

Hal yang  populer adalah kegunaan Internet dalam bidang hiburan yang murah dan terjangkau.Fasilitas online seperti mendengarkan, men-download musik dan film  secara gratis dan penggunaan game online, dsb. Kemudahan akses TV online dari station TV manca negara bisa dinikmati secara real time. Menonton pertandingan sepakbola misalnya, kita dapat kegunaan internet untuk mengakses semua dengan gratis. Internet memang menawarkan hiburan yang murah untuk dinikmati sekedar menghilangkan kejenuhan disela-sela stress kerja.

Kegunaan Internet Populer lainnya:

Kegunaan internet yang populer saat ini  ialah digunakannya untuk transaksi perbankan atau dikenal dengan istilah Internet bangking. Kemungkinan hampir semua transaksi perbankan melalui media ini. Selain hal ini sudah menjadi umum digunakan, kegunaan internet juga dapat digunakan untuk bisnis dan berbelanja secara online.
Belanja online sudah sangat populer dewasa ini di kalangan para pengguna Internet. Anda dapat membeli barang kebutuhan dan tinggal menunggu kurir menyampaikan ke rumah tujuan. Tidak kurang pula manfaat internet ini adalah menjadi hal pokok yang menunjang pekerjaan.
hal yang dijelaskan di atas adalah kegunaan internet secara umum dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah anugerah bagi kita dan telah membuat hidup kita lebih mudah dengan mendapatkan fasilitas yang ditawarkan dari kegunaan internet. Tetapi yang perlu diperhatikan pula, internet juga rentan terhadap serangan berbagai macam ancaman dan keselamatan internet.
Untuk melindungi dari serangan Internet ini kita semua harus menggunakannya dengan hati-hati dan melindungi privasi dari berbagai penyusupan. Waspadai dan jangan terlena dengan sejuta kegunaan internet.

Pengertian Internet dan Intranet, Ekstranet Dan Cara Kerjanya

Pengertian Internet dan Intranet secara umum

perbedaan internet dan intranet
perbedaan internet dan intranet
Pengertian internet dan intranet sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya skala penggunaan yang berbeda, jika intranet membatasi penggunanya pada lingkup organisasi dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi itu melaukan pertukaran data dan informasi, sedangkan internet tidak terbatas pada orang atau organisasi tertentu saja tetapi setiap pengguna memungkinkan berbagi informasi secara global. dibawah ini saya paparkan pengertian internet dan intrnet dari berbagai sumber.
Pengertian Intranet dan Internet menurut ahli
  1. Pengertian Inernet dan Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang masing-masing memililiki accesibility yang berbeda, meskipun sama-sama menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang sama namun intranet adalah jaringan  internal pribadi atau koneksi dari satu atau lebih jaringan komputer, yang penggunaannya dibatasi hanya pada akses organisasi atau yang terlibat langsung dari organisasi tersebut.  Sedangkan internet adalah hubungan pada jaringan komputer secara global.
  2. Pengertian Internet dan Intranet adalah Koneksi yang melibatkan teknologi jaringan komputer yang melibatkan atau pembatasan akses jaringan. Internet adalah sistem jaringan yang terkait dalam lingkup global dan memfasilitasi komunikasi layanan data seperti remote login, transfer file, surat elektronik, World Wide Web dan newsgroup, sedangkan pada intranet mengadopsi teknologi internet dan membatasi penggunanya pada lingkup yang sempit, walaupun pada intranet bisa mengakses perangkat mirip dengan internet misalnya Transfer data melalui jaringan yang  dikontrol dengan menggunakan internet protokol seperti mentransfer hyper text transfer protocol (HTTP) dan file transfer protocol (FTP).  Jenis-jenis jaringan yang digunakan untuk memberi kemudahan berbagi informasi dan komunikasi dalam perusahaan.  Dalam industri berbasis pada sektor teknologi informasi, mutlak memiliki intranet karena diperlukan untuk  pekerjaan mereka berbagi data yang banyak.

Konsep Pengertian Internet dan Intranet

Mungkin anda bertanya apa yang berbeda dari konsep intranet dan internet ? Disini saya akan membahasnya secara tuntas mengenai 2 topik  internet dan intranet  yang berbeda ini
Sepanjang usia tehnologi informasi sangat tergantung pada perkembangan jaringan komputer, dalam hal ini jaringan komputer pada dari berbagai skala dimana teknologi informasi tidak sekedar sebagai komoditas hari ini. Ada dua jenis jaringan komputer yang sering didengarkan, salah satunya tentu saja internet dan yang lainnya yang biasa digunakan di perusahaan adalah Intranet.  Pada Artikel ini saya akan menjelaskan pengertian internet dan intranet dan membuat perbandingan intranet dan internet agar memberi Anda wawasan tentang perbedaan antara dua jenis jaringan ini
Konsep dasar jaringan intranet dan internet adalah sama-sama bagian dari jaringan komputer.  Jaringan komputer memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi antara sekelompok komputer.  Jaringan komputer operasional pertama diciptakan di Amerika Serikat  untuk Departemen Pertahanan yang  dikenal sebagai ‘Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET).  Sejak itu, jaringan teknologi dan arsitektur jaringan komputer berkembang dalam kompleksitas dan kecanggihan, akhirnya melahirkan internet.  Satu set perangkat lunak jaringan komputer dan perangkat keras yang canggih telah menghasilkan teknologi komputer.  Konsep Internet seperti yang kita saksikan sekarang, intranet dan internet adalah dua titik pada skala kompleksitas jaringan komputer.

Perbedan Pengertian Internet,  Intranet, Ekstranet Dan Cara Kerjanya

Untuk mengenali perbedaan dan batasan pengertian internet dan intranet diatas mari kita simak ciri-ciri perbedaan konsep pengertian Internet dan Intranet dan juga jaringan parsial atau Intranet sebagai pembanding
Pengertian Internet adalah jaringan Komputer yang bisa diakses seluruh dunia, komputer dapat diakses oleh siapa saja yang mengetahui alamat Internet Protocol (IP)  mereks, TCP IP  yang mendefinisikan lokasi atau alamat komputer (Baca Pengertian dan Fungsi TCP IP). Sebagian besar komputer telah menggunakan nama Domain seperti http://jaringankmputer.org Sebelum komputer ini diberi nama dan dapat diakses, maka harus diselesaikan (diterjemahkan) ke sebuah alamat IP. Untuk melakukan hal ini browser  (misalnya Firefox, Chrome, Opera atau Internet Explorer) akan mengakses Domain Name Server (DNS) komputer untuk pencarian nama dan mengembalikan alamat IP – atau dengan mengeluarkan pesan kesalahan yang menunjukkan bahwa nama itu tidak ditemukan. Setelah browser mendapatkan alamat IP maka dapat mengakses komputer secara remot. Server sebenarnya adalah komputer yang menyajikan halaman web Baca Fungsi Web Server). Dan jika saja jaringan terlindungi  di belakang firewall maka jaringan itu  menjadi Extranet.
Intranet adalah merupakan jaringan yang tidak tersedia bagi dunia luar Intranet. Jika jaringan Intranet terhubung ke Internet, Intranet akan berada di belakang atau dilindungi oleh firewall jika memungkinkan akses dari Internet, Intranenet akan menjadi jaringan Extranet. Firewall membantu untuk mengontrol akses antara Intranet dan Internet untuk memungkinkan akses ke Intranet.  Hanya kepada orang-orang yang tergabung atau diberi otorisasi dalam perusahaan atau organisasi yang sama bisa mengakses Intranet. Dalam bentuk yang paling sederhana, jaringan Komputer Intranet dapat diatur sedemikian rupa hingga PC di jaringan Intranet tidak memiliki akses  ke Internet.
Sedangakan Pengertian Ekstranet adalah Perpanjangan jaringan intranet perusahaan keluar atau ke Internet, dengan tujuan agar pelanggang, pemasok atau pemakai tertentu yang diberi wewenang dapat mengakses data pribadi perusahaan melalui aplikasi World Wide Web tapi berbeda dengan jaringan internet umum  dapat diakses oleh semua orang. [Did Marc Andreessen : September 1996]
Intinya Pengertian Eksranet adalah Jaringan Intranet yang  dapat diakses oleh sebagian orang luar organisai yang diberi wewenang.  Server  (komputer yang menyajikan halaman web) berada di belakang firewall. Firewall membantu untuk mengontrol akses antara Intranet dan akses Internet  ke Intranet  untuk orang-orang yang telah diberi otorisasi. Tingkat akses dapat diatur ke tingkat yang berbeda bagi individu atau kelompok penggun luar. Akses dapat didasarkan pada username dan password atau alamat IP yang mendefinisikan komputer. Demikian Perbandingan Pengertian Internet dan Intranet, Ekstranet Dan Cara Kerjanya

Kabel Jaringan Komputer

kabel jaringan komputer
kabel jaringan komputer
Kabel jaringan komputer digunakan untuk menghubungkan satu perangkat jaringan ke perangkat jaringan lain atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi sumber daya dll. ada beberapa jenis-jenis kabel jaringan komputer seperti kabel coaxial, kabel fiber optik, kabel Twisted Pair, dll. Jenis kabel yang digunakan untuk jaringan tergantung pada topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer. Ada kabel jaringan yang digunakan dalam jumlah sedikit (misalnya melalui Ethernet) ada pula penggunaan kabel jaringan yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi internet).

Pengertian Kabel Jaringan Komputer

Pengertian Kabel jaringan komputer adalah media di mana informasi berpindah  dari satu perangkat jaringan ke satu perangkat jaringan yang lain. Ada beberapa jenis kabel jaringan komputer yang biasa digunakan di dalam Jaringan Komputer. Ada beberapa situasi di mana jaringan hanya mengizinkan satu jenis kabel saja yang dapat digunakan namun begitu terdapat juga situasi di mana kombinasi lebih dari satu jenis kabel diizinkan.

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Pemilihan jenis-jenis kabel jaringan komputer adalah berkaitan erat  dengan topologi, protokol dan ukuran jaringan. Memahami kriteria-kriteria untuk jenis-jenis kabel jaringan komputer yang berbeda dan hubungannya dengan aspek lain di dalam jaringan adalah penting untuk perkembangan sistem jaringan yang maju. Di antara jenis-jenis kabel yang digunakan di dalan jaringan adalah seperti:
Kabel Coaxial
kabel jaringan komputer coaxial
kabel jaringan komputer coaxial
Kabel jaringan komputer Coaxial ini memiliki satu kabel tembaga yang bertindak sebagai media konduktor listrik yang terletak di tengah-tengah. Satu lapisan plastik bertindak sebagai pemisah kepada kabel tembaga yang berada di tengah-tengah itu dengan satu lapik pintalan besi. Pintalan besi ini bertindak sebagai penghalang kepada sebarang gangguan dari cahaya florensen, komputer dan sebagainya.
Meskipun pengkabelan Coaxial agak sulit untuk dimasukkan, namun ia sangat peka terhadap isyarat. Selain itu, bisa menampung pengkabelan yang lebih panjang di antara jaringan dengan perangkat-perangkat lain dibandingkan kabel twisted pair.
Kabel Coaxial yang tipis ini dikenal sebagai thinnet 10Base2 merujuk pada spesifikasi untuk kemampuan koaksial tipis yang membawa sinyal Ethernet. Angka 2 mengacu kepada panjang untuk segmen maksimal yaitu 200 meter. Kabel koaksial yang tipis ini adalah populer di dalam jaringan yang ada di sekolah-sekolah.
Kabel koaksial yang tebal biasa juga dikenal sebagai thicknet. 10Base5 merujuk kepada spesifikasi untuk kemampuan Coaxial tebal membawa sinyal Ethernet.
Angka 5 mewakili segmen maksimal yaitu 500 meter. Kabel koaksial ini memiliki penutup (cover) plastik yang bisa mencegah kelembaban dari bahan konduktor yang berada di tengah-tengah. Ini membuat ia mampu menampung gelombang yang lebih besar terutama pada topologi linear bus. Namun, kekurangan kabel ini adalah ia sangat sulit untuk dibengkokkan dan ini turut menyulitkan proses masuknya (install).
Kabel coaxial terdiri dari :
  • sebuah konduktor tembaga
  • lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”.
  • sebuah lapisan paling luar.

ISP – Internet Service Provider

Pengertian ISP / Internet Service Provider

ISP - Internet Service Provider
ISP – Internet Service Provider
ISP atau Internet Service Provider  atau lebih dikenal provider internet adalah perusahaan atau badan usaha yang menydiakan layanan jasa internet kepada pelanggan baik pelanggan yang sifatnya individu maupun ke pelanggan Korporat. ISP atau Internet Service Provider, pada mulanya diidetikkan dengan perusahaan jasa telekomunikasi,  karena dulu Internet Service Provider, menawarkan produknya melalui  jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi Internet Service Provider berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi radio atau wireless. About.com memberikan pengertian  Internet Service Provider adalah perusahaan penyuplai koneksi internernet ke pengguna rumahan dan bisnis, mulai dari dial-up modem traditional  sampai  DSL dan layanan kabel modem broadband sampai dedicated  line T1/T3.
(An ISP is a company that supplies Internet connectivity to home and business customers. ISPs support one or more forms of Internet access, ranging from traditional modem dial-up to DSL and cable modem broadband service to dedicated T1/T3 lines.)
Menurut salah satu web berbahasa asing  whatis.com  mengartikan Internet Service Provider, adalah perusahaan  yang menyediakan pada pelanggan perorangan perusahaan-perusahaan  untuk mengakses internet dan layanan jasa lainnya misalnya pendirian situs Web dan virtual hosting. ISP juga kadang-kadang disebut sebagai  PAI  (penyedia akses internet). ISP kadang-kadang digunakan sebagai singkatan untuk penyedia layanan independen untuk membedakan penyedia layanan yang merupakan perusahaan independen yang terpisah dari perusahaan telepon
(An ISP is also sometimes referred to as an IAP (Internet access provider). ISP is sometimes used as an abbreviation for independent service provider to distinguish a service provider that is an independent, separate company from a telephone company).
ISP memiliki peralatan jaringan komputer dan jaringan akses telekomunikasi yang dibutuhkan  untuk titik  pengadaan  Internet untuk area geografis yang dilayaninya. ISP  yang lebih besar memiliki sendiri kecepatan tinggi sehingga mereka kurang bergantung pada penyedia telekomunikasi dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan mereka. ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP membutuhkan  upstream. Internet Service Provider, ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.

Prosedur Berlangganan ISP / Internet Service Provider

Pelanggan yang berlangganan dengan sebuah ISP harus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh Internet Service Provider tersebut. Biasanya masing-masing Internet Service Provider memiliki aturan tersendiri namun pada umumnya Perusahaan  penyedia layanan tersebut memberi larangan untuk penggunaan internet yang melawan hukum, pornografi, konten kekerasan, dan sangat tergantung peraturan perundangan konten multimedia internet, dalam hal ini sangat dipatuhi oleh pihak Internet Service Provider

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER DAN PERKEMBANGAN INTERNET

sejarah jaringan komputer dan internet 1971 tomlinson mengirim email pertama
sejarah jaringan komputer dan internet 1971 tomlinson mengirim email pertama
Teknologi jaringan komputer sampai  saat ini sangat pesat, kemudahan mendapatkan informasi tidak terlepas dari latar belakang sejarah komputer yang panjang hingga kita dapat merasakan  dan menikmati fasilitas jaringan komputer dan internet. Sejarah jaringan komputer tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi. Dua  teknologi yang berbeda antara teknologi komputer dan telekomunikasi ini digabungkan hingga membentuk teknologi sendiri terhadap perkembangan jaringan telekomunikasi data berbasis komputer.

Time Line Perkembangan Sejarah Jaringan Komputer dan Internet

Jika kita berbicara sejarah jaringan komputer, tentulah kita menilik jauh kebelakang mulai dari penemuan komputer itu sendiri yang awalnya hanya bisa digunakan secara personal, hingga munculnya ide untuk, menghubungkan perangkat komputer ini dalam satu jaringan komputer agar bisa saling berkomunikasi, bertukar data, sharing hardware, hingaa berkomunikasi suara dan video sharing, dsb.
Sejarah jaringan komputer mencatat penemuan-penemuan peralatan jaringan komputer dan penemuan alat komunikasi data berupa modem dan ethernet dari  ide-ide inilah kemudian dijadikan awal sejarah jaringan komputer.

Sejarah Jaringan Komputer Dekade 60an

sejarah jaringan komputer dan internet
1960 AT & t merancang Dataphone
Pada tahun 1960 AT & t mengawali sejarah jaringan komputer dengan merancang Dataphone, modem komersial pertama, khusus untuk mengkonversi data komputer digital ke sinyal analog  untuk transmisi  jaringan jarak jauh. Di luar produsen digabungkan Bell Laboratories´ digital data set produk komersial. Pengembangan teknik  jaringn baru ini digunakan untuk  melestarikan bandwidth modulasi sistem transmisi peningkatan efisiensi dalam sistem nasional dan global.
Tahun 1964,IBM´s SABRE, online membuat debut di sistem reservasi pemrosesan transaksi untuk mengatur American Airlines. Menggunakan saluran telepon, SABRE menghubungkan 2.000  terminal di 65  kota-kota dipasangkan ke komputer IBM 7090, untuk menyampaikan data pada setiap penerbangan dalam waktu kurang dari tiga detik. dari tahun ini sejarah jaringan komputer publik dimulai
Di tahun 1964 ini juga Joss Configuration (Johnniac Open Shop Systen) untuk layanan percakapan time sharing. Layanan di awaIi dari Rand’s Johnniac. Muncnya Time sharing muncul karena panjangnya batch menghambat pemcahan masalah. Time sharing ditujukan untuk membawa pengguna kembali ke kontak dengan mesin debugginng online dan pengembangan program
sejarah jaringan komputer dan internet
1966 modem John van Geen
1966 John van Geen dari Stanford Research Institute memperbaiki cara kerja modem secara akustik. Penerimaanya dapat dengan andal menerima data bit meskipun latar belakangnya terdengar bising untuk percakapan jarak jauh. Penemuan ini dikembangkan menjadi modem secar akustik digabungkan untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon untuk penggunaan handset sehari-hari.
pada tahun 1969, Sejarah jaringan komputer global ( dunia ) dimulai, ketika Departemen Pertahan Amerika, membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai ‘cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik’.

Sejarah Jaringan Komputer Dekade 70an

1970 Toplogi arpanet (sejarah jaringan komputer dan internet)
1970 Toplogi arpanet
Pada tahun awal dekade 70an, pemasangan Mesin Teller otomatis pertama kalinya di Citizens and Southern National Bank Georgia, pada tahun yang sama ARPANET (Advance Research projects Agency Network ). pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain) , saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan.  Perkembangan sejarah jaringan komputer dan internet pada atahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. Program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. komputer di University College di London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.
Pada tahun yang sama pula, dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University.
1973, sejarah jaringan komputer untuk desain ethernet, ditandai oleh Robert Metcalfe  dengan menyusun  metode koneksi jaringan ethernet di Xerox Palo Alto Research Center. Pada tanggal 22 Mey 1973 dia menulis melalui mesin ketik selektriknya mengenai ether acquisition. Dengan diagram gambar tangan  ditunjukkan interkoneksi’ boosters´ kabel bercabang, telepon, dan rasio eter ekarang kita sebut internet…
sejarah jaringan komputer 1973_ethernet
sejarah jaringan komputer 1973_ethernet
Robert Metcalfe devised the Ethernet method of network connection at the Xerox Palo Alto Research Center. He wrote: “On May 22, 1973, using my Selectric typewriter … I wrote … “Ether Acquisition” … heavy with handwritten annotations — one of which was “ETHER!” — and with hand-drawn diagrams — one of which showed `boosters´ interconnecting branched cable, telephone, and ratio ethers in what we now call an internet…. If Ethernet was invented in any one memo, by any one person, or on any one day, this was it.”
Robert M. Metcalfe, “How Ethernet Was Invented”, IEEE Annals of the History of Computing, Volume 16, No. 4, Winter 1994, p. 84.
Tahun 1975,  Telenet, packet-switching network komersi sipil  yang setara ARPANET, lahir dari Gagasan Larry Roberts, Telenet terhubung ke7 kota pelanggan . Telenet mewakili nilai tambah jaringan pertama, atau disebut  VAN karena yang ditawarkan lebih di luar layanan dasar sekedar  koneksi komputer.
1976 sejarah jaringan komputer di simbolis oleh Ratu Inggris Elizabeth II, Ratu Inggris, mengirimkan e-mail pada 26 Maret dari Royal Signals and Radar Establishment (RSRE)  Malvern sebagai bagian dari demonstrasi teknologi jaringan
Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network). pada tahun 1981, France Telecommenciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia (orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi denagan Video link).
Terbentuknya istilah TCP/IP menjadi terobosan sejarah jaringan komputer khusunya internet,  Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. sementara itu, didaratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 komputer lebih. [Read more…]

Perangkat Jaringan Komputer

Networkdevice - perangkat jaringan komputer
macam-macamperangkat jaringan komputer
Berbicara perangkat jaringan komputer, sudah terbayang dibenak kita sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Jika pemahaman kita bahwa perangkat jaringan komputer hanyalah  sebuah alat saja bisa berhubungan ke jaringan komputer yang lain, tentu pendapat itu tidak sepenuhnya benar

Pengertian Perangkat jaringan Komputer

Pengertian Perangkat jaringan komputer atau dalam bahasa asing disebut Network Device adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau perangkat elektronik lainnya secara bersama-sama sehingga mereka dapat berbagi file atau sumber daya seperti printer atau mesin faks. Sebuah contoh Perangkat yang paling umum dari perangkat jaringan digunakan pada  jaringan Local Area Network (LAN). Sebuah LAN membutuhkan hub, router, kabel atau teknologi radio, kartu jaringan (NIC), dan jika menginginkan akses online maka dibutuhkan pula, modem kecepatan tinggi
Dari Pengertian perangkat jaringan Komputer diatas dapatlah kita simpulkan bahwa  istilah perangkat jaringan terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan protokol jaringan komputer dan ISP. Masing-masing perangkat tidak berfungsi sepenuhnya tanpa ada salah satu jenis perangkat pada jaringan komputer . Perangkat-perangkat ini saling mendukung satu sama lainnya agar jaringan dapat berjalan secara optimal.
Sebagai contoh, taruhlah  sebut modem sebagai alat perangkat keras jaringan komputer untuk mengakses  internet. Jika hanya dengan modem saja tentu belum bisa mengakses jaringan internet. Masih dibutuhkan perangkat lunak jaringan dan protokol jaringan yang bisa memfungsikan perangkat  jaringan komputer tersebut, atau perangkat pada jaringan komputer yang berupa program aplikasi pengakses jaringan lainnya. Bukan cuma itu saja dibutuhkan mediator berupa wired maupun wireless sebagai media perangkat jaringan untuk menghubungkan komputer ke modem dan dari modem  ke komputer lainnya. Selain itu juga tentunya mediator penyedia layanan jasa  (ISP-Internet Service Provider)  jika komputer itu dihubungkan ke jaringan komputer berbasis internet. Jika berbica perangkat jaringan komputer untuk akses lokal, selain di butuhkan perangkat dari jaringan komputer berupa kartu LAN atau sering diistilah Network interface Card (NIC), dibutuhkan juga pengkabelan sebagai mediator penghubung dan tentunya perangkat lunak jaringan yang berupa program pengakses jaringan lokal misalnya program network neighboor hood, net meeting, network connection sharing dan sebagainya

Macam-Macam Perangkat jaringan Komputer

Terdapat Limat kategori Perangkat jaringan Komputer:
  1. perangkat jaringan berupa hardware, contoh: Kartu jaringan (NIC), ethernet, Hub, RouterBridge, Switch, modem, dll [baca perangkat keras jaringan komputer]
  2. perangkat lunak jaringan  berupa software jaringan  contoh: Sistem Operasi Jaringan, Sistem Administrasi jaringan, Sistem Keamanan jaringan [baca perangkat lunak jaringan komputer]
  3. protokol jaringan, Contoh: TCP / IPFTPUDP, dll  [baca: protokol jaringan]
  4. perangkat jaringan berupa mediator / media transmisi. wired maupun wireless contoh: Kabel UTP, Fiber Optik [baca: kabelan jaringan Kompurt]
  5. jika untuk mengakses internet maka ISP juga masuk dalam perangkat jaringan komputer [baca: ISP- Internet Service Provider]

Driver Perangkat Jaringan Komputer

Dalam istilah komputer, peristilahan “driver” adalah pengandar perangkat (driver perangkat keras) adalah sekelompok file (perangkat lunak) pendukung agar perangkat keras memungkinkan berkomunikasi dengan sistem operasi komputer. Tanpa driver, perangkat keras jaringan komputer tidak akan bisa bekerja dengan komputer, itulah sebabnya mengapa setiap perangkat keras dan yang terhubung ke komputer memilikihal yang berhubungan dengan driver.
Network Device atau driver perangkat jaringan adalah pengandar perangkat yang memungkinkan perangkat jaringan untuk berkomunikasi antara komputer dan sistem operasi serta dengan perangkat komputer jaringan lain

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Umum dan Model OSI Layer

Jenis-jenis jaringan komputer secara umum dibagi berdasarkan arsitektur jaringan komputer, yaitu
  • Jaringan Komputer Peer-to-peer.
  • Jaringan Komputer Klien /Server.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
jenis jaringan komputer peer to peer
Pada jenis arsitektur Peer to Peer dalam praktek jaringan  Komputer  tidak memiliiki server khusus atau hirarki antara komputer. Semua kedudukan komputer sama dan karena itu dikenal sebagai peer.  Biasanya setiap komputer berfungsi sebagai Client / Server dan tidak ada satupun ditugaskan untuk menjadi administrator yang bertanggung jawab untuk seluruh jaringan. Jenis jaringan komputer Peer-to-peer adalah pilihan yang terbaik untuk kebutuhan organisasi kecil di mana pengguna dialokasikan di wilayah umum yang sama dan keamanan jaringan komputer tidak menjadi masalah.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
jenis jaringan komputer client server
Arsitektur Jaringan Komputer Klien Server kadang diistilahkan jaringan Komputer berbasis Server. Istilah Klien / server mengacu pada konsep berbagi pekerjaan yang terlibat dalam pengolahan data antara komputer klien dan komputer server yang paling kuat. Jaringan komputer klien / server adalah cara yang paling efisien untuk menyediakan: Database dan pengelolaan aplikasi seperti Spreadsheet, Akuntansi, Komunikasi dan manajemen dokumen, manajemen jaringan komputer. Sentralisasi penyimpanan file pada arsitektur jaringan komputer client / server pada dasarnya merupakan implementasi dari pengolahan terdistribusi atau koperasi.  Di jantung dari model ini adalah konsep fungsi aplikasi membelah antara klien dan prosesor server.
Pembagian kerja antara prosesor yang berbeda memungkinkan desainer aplikasi untuk menempatkan fungsi aplikasi pada prosesor yang paling sesuai untuk fungsi tersebut.  Hal ini memungkinkan desainer perangkat lunak mengoptimalkan fungsi procesor – hingga  memungkinka kembalinya  atas investasi  terbesar untuk perangkat keras. Pengguna sering tidak tahu di mana eksekutor aplikasi.  Seluruh fungsi dapat dieksekusi baik dalam PC atau server, atau fungsi dapat dibagi di antara mereka.  Ini  pelaksana fungsi aplikasi masking lokasi memungkinkan sistem untuk meng-upgrade bagian dari sistem dari waktu ke waktu dengan gangguan minimum pengooperasian aplikasi, sekaligus melindungi investasi di hardware dan software yang ada

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Lainnya

Dalam artike inisaya mencoba membedakan jenis-jenis  jaringan komputer yang umum kita jumpai dan model jaringan komputer yang mungkin saja tidak pernah kita jumpai karena jenis semacam itu jarang di gunakan, oleh karena itu saya klasifikasikan sebagai model jaringan komputer lainnya.
Jaringan Kompter Model OSI Layer
Dalam sistem jaringan komputer, satu standar komunikasi berhasil dibentuk. Model ini disebut OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI), yang dirancang oleh International Standar Organization pada tahun 1974 (setengah pendapat mengatakan tahun 1978). Disetujui pada tahun 1983 untuk berlaku oleh semua produsen, apakah jaringan LANJaringan WAN atau Jaringan metropolitan (MAN), semuanya berbasis pada model OSI Layer.
Jaringan komputer model OSI itu, setiap produsen menginginkan sesuai standar tersebut untuk memudahkan peralatan yang dibuat  bisa berkomunikasi dengan peralatan yang dikeluarkan oleh produsen lain.
Jenis-Jenis Jaringan Komputermodel osi
jenis jaringan komputer model osi
Pada Jenis Model OSI Layer, jenis jaringan komputer ini dikenal dengan tujuh lapisan (seven layer). Setiap lapisan tidak menghiraukan lapisan yang lain. Tetapi setiap lapisan memiliki kolerasi yang kuat dan setiap lapisan itu disebut lapisan protokol. Model OSI (Open Systems Interconnection – saling sambungan sistem terbuka) Model OSI Layer adalah satu panduan dan bukannya satu perangkat lunak atau perangkat keras. Ia digunakan sebagai referensi untuk dipatuhi oleh semua produsen perangkat lunak dan perangkat keras agar produk mereka dapat terhubung ke sistem jaringan tanpa masalah. model referensi OSI dapat diibaratkan sebagai satu kebijakan keamanan dunia yang harus diikuti oleh semua negara agar dunia ini aman.
Meskipun kenyataannya keamanan global sulit diperoleh. Begitu juga dengan model OSI layerini, ada juga ketidak serasian terjadi di dalam produksi produk yang berbeda. Maka ketika kita membeli sesuatu produk pastikan kita mengetahui sejauh mana peralatan itu sesuai standar dan perbedaan antara peralatan yang akan terhubung kepadanya. Biasanya produk seperti Cisco memiliki protokolnya sendiri yang hanya ada pada peralatan mereka. Pengetahuan tentang OSI Layer perlu diketahui oleh siapa saja yang ingin mendalami sistem jaringan. Hal ini dikarenakan setiap lapisan memiliki fungsi tertentu yang akan melibatkan operasi sistem jaringan dan tujuan dibentuk Model OSI adalah untuk kesepakatan di dalam berkomunikasi melalui sistem jaringan.
Bayangkan kalau, Contoh: AChong berbicara menggunakan bahasa mandarin kepada Robih, tentu saja Robih tidak paham apa yang dikatakan oleh  AChong. Oleh karena itu AChong dan Robih harus menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan mereka.
Seperti yang kita tahu, referensi model OSI Layer ini terdapat  tujuh lapisan pada jaringan komputernya yaitu: lapisan fisik, lapisan data link, lapisan jaringan, lapisan transport, lapisan sesi, lapisan presentasi, dan lapisan aplikasi.
  1. Physical: Lapisan paling dasar dalam sebuah jaringan. Dasar komunikasi menggunakan kombinasi bit (0 dan 1) dan bergerak dari satu node (PC atau perangkat komunikasi lainnya) ke node yang lain.
  2. Data Link: Kerangka kombinasi bit dan bergerak dari satu hope (halte sebuah node) ke hope yang lain.
  3. Network: Kombinasi beberapa kerangka dalam sebuah paket (packet) dan berkomunikasi antara source host dan tujuan host.
  4. Transport: Pengiriman pesan yaitu komunikasi secara langsung antara sesuatu proses dengan proses yang lain (Jaringan PC Anda dengan PC teman Anda).
  5. Session: lapisan ini membantu keluar dengan tugas untuk membawa informasi dari satu node (workstation) ke node lain (workstation). Sesi harus dibuat sebelum kita dapat transportasi informasi ke komputer lain.
  6. Presentation: Terjemahan dan mengenkripsi informasi atau data yang dikirim dari sebuah PC ke PC yang lain.
  7. Application: Lapisan paling atas. Mengizinkan komunikasi satu sama lainya pada   jaringan komputer
demikian gambaran beberapa model jaringan komputer, semoga bisa memberi ide mengenai seluk beluk jaringan komputer secara umum dan khususnya jenis-jenis jaringan komputer dan Osi Layer.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media dan Jangkauannya

macam-macam jaringan komputer
macam-macam jaringan komputer internet

Pada artikel ini, dibahas mengenai macam-macam jaringan komputer, baik ragam jaringan komputer dari segi media yang digunakan maupun dari segi  jangkauannya.
Jaringan Komputer dari segi Media transmisi di bedakan:
  1. Wired/Jaringan kabel: Jaringan komputer konvesional menggunakan media transmisi kabel, coaxial, twisted pair ataupun fiber [more]
  2. Wireless/Nirkbel : Jaringan Nirkabel merupakan jaringan dengan media transfer data tanpa kabel. Wireless ini sama halnya seperti fungsi ethernet tanpa kabel dimana user berhubungan dengan server melalui modem radio. Salah satu satu bentuk modem radio adalah PC Card yang digunakan untuk laptop, blue tooth, infra red device.

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

berdasarkan luas dan jangkauan secara geografis, jaringan komputer di bedakan:
LAN (Local Area Networks)
macam-macam jaringan komputer internet
LAN Equipment
Pengertian Jaringan LAN adalah  jaringan komputer yang terbatas pada wilayah geografis yang sempit, seperti sebuah bangunan tunggal atau gedung.  Jaringan LAN bisa saja sedikit, menghubungkan sedikitnya tiga komputer, tetapi LAN tentus saja dapat menghubungkan ratusan komputer dan macam-macam perangkat jaringan komputeryang digunakan oleh ribuan orang.  Pengembangan standar protokol jaringan dan media menyebabkan penggunaan LAN semakin meluas, baik untuk kepentingan lembaga-lembaga bisnis, pendidikan, kesehatan dsb.
Jaringan LAN adalah jenis yang paling umum dari jaringan data. Seperti namanya, LAN melayani area lokal Instalasi khas di pabrik-pabrik industri, gedung perkantoran, kampus atau universitas, atau lokasi serupa. Di Lokasi seperti ini layak membangun jaringan yang berkualitas tinggi, link komunikasi node interkoneksi kecepatan tinggi. kecepatan Khas transmisi data adalah 1/100 megabit per detik.
Manfaat Jaringan Komputer LAN  adalah berbagi sumber daya pada komputer dalam suatu organisasi sangat memungkinkan, dan dapat digunakan untuk menyediakan akses (shared) kepada organisasi remote melalui sebuah router yang terhubung ke Metropolitan Area Network (MAN) atau Wide Area Network (WAN).
foto ini menunjukkan macam-macam peralatan jaringan komputer di pusat LAN yang digunakan oleh Grup Komunikasi di Sekolah Teknik. Unshielded Twisted Pair kabel (UTP) memasuki rak dari lima laboratorium penelitian dan diakhiri pada patch panel (disimpan di kotak bawah). Setiap outlet terhubung melalui patch yang berwarna pada Ethernet Switch baik untuk 10 ataupun 100 Mbps (biru, di atas patch panel).
Akses ke sisa jaringan kampus dikendalikan melalui Router internet TCP / IP (biru, dengan kabel yang tersambung di bagian belakang). Sebuah router switch / kedua dapat digunakan untuk menghubungkan peralatan lainnya (putih) membentuk LAN terpisah uji eksperimental. Dua kotak kecil di atas adalah Ethernet Hub untuk menghubungkan kelompok workstation, hub serupa juga menyediakan koneksi untuk link serat optik ke bagian lain dari Universitas.
WAN (Wide Area Networks)
Jaringan WAN adalah Jaringan komputer area luas menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis.  Hal ini dilakukan dengan menghubungkan berbagai macam layanan jaringan LAN menggunakan didedikasikan saluran telepon sewa, saluran telepon dial-up (baik sinkron maupun  asinkron), link satelit, dan layanan operator paket data.  Jaringan WAN dijalankan dengan  modem dapat mengakses atau sebaliknya ke remote server menggunakan routing protokol khusus dan filter untuk meminimalkan biaya pengiriman data dari jarak yang luas .
Jaringan WAN adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas, dan menggunakan sirkuit komunikasi untuk menghubungkan node intermediate. Faktor utama yang mempengaruhi desain WAN adalah kinerja merupakan persyaratan sirkuit yang mereka sewa dari perusahaan komunikasi atau operator telepon komunikasi lainnya. Tingkat transmisi biasanya 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps (atau kadang-kadang jauh lebih). Banyak WAN telah dibangun, termasuk jaringan paket publik, jaringan perusahaan besar, jaringan militer, jaringan
perbandingan macam-macm jaringan komputer
perbandingan macam-macm jaringan komputer
perbankan, jaringan broker saham, dan jaringan reservasi penerbangan. Beberapa WAN sangat luas, mencakup seluruh dunia, tetapi kebanyakan tidak menyediakan cakupan global. Organisasi pendukung WAN yang menggunakan Internet Protocol dikenal sebagai Penyedia Layanan Jaringan (NSP). Hal ini sama seperti yang membentuk inti dari Internet.
Dengan menghubungkan WAN, NSP bersama-sama link pada internet menggunakan Packet Interchanges  (kadang-kadang disebut ” peering points “) terbentuklah infrastruktur komunikasi global. NSP umumnya tidak menangani account pelanggan individu (kecuali untuk pelanggan korporat besar) tetapi berhubungan dengan orgnisasi-organisasi besar yang membutuhkan layanan komunikasi kuhusus tentunya dengan biaya yang mahal. Mereka umumnya memiliki kesepakatan dengan pihak NSP untuk mendapatkan kualitas layanan optimal untuk pertukaran data.
Tipikal jaringan ditunjukkan pada gambar di atas. Ini menghubungkan sejumlah Sistem Akhir (SA) (misalnya A, C, H, K) dan sejumlah Sistem Intermediate (SI) (misalnya B, D, E, F, G, I, J) untuk membentuk jaringan melalui data mana dapat dikomunikasikan antara Sistem Akhir (SA).
Karakteristik dari fasilitas transmisi menyebabkan penekanan pada efisiensi teknik komunikasi dalam desain WAN. Mengontrol volume lalu lintas dan menghindari penundaan yang berlebihan adalah penting. Karena topologi dari WAN cenderung lebih kompleks daripada LAN, algoritma routing juga menerima penekanan lebih. Banyak WAN juga menerapkan prosedur monitoring yang canggih ke account pengguna yang mengkonsumsi sumber daya jaringan. Hal ini, dalam beberapa kasus, digunakan untuk menghasilkan informasi penagihan untuk membebankan pengguna individu. [Read more…]

Manfaat Jaringan Komputer

manfaat jaringan komputerKetika kita mengaplikasikan sesuatu tentu selalu dengan pertimbangan  apa kegunaannya, atau apa manfaatnya. tak terkecuali dengan  jaringan komputer tentunya memiliki alasan dari segi Manfaat jaringan komputer itu .
secara umum manfaat jaringan komputer  adalah, memudahkan komunikasi dan dapat mengakses informasi secara cepat dan real time. Pada dasarnya tujuan utama dibangunnya jarinagan komputer adalah untuk berbagi (sharing), entah berbagi data maupun berbagi perangkat.

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan / Organisasi dan Pengguna Umum

penggunaan jaringan komputer dikelompokkan:
  1. Manfaat jaringan komputer untuk kebutuhan perusahaan /Organisasi
  2. Manfaat jaringan komputer untuk pengguna umum / rumahan (Home appliance)
Sebelum kita lanjut pada bahasan bagaimana  jaringan komputer memberi Manfaat pada masing-masing kelompok pengguna, perlu kita ketahui ada 3 alasan dasar  secara umum pemanfaatan jaringan komputer  secara umum.
Secara umum terdapat 3 alasan utama Manfaat jaringan komputer  yakni:
  1. Resource sharing :  sebagai sumber berbagi data, informasi dan peripheral adalah alasan pertama Manfaat jaringan komputer. dan tidak hanya itu sharing internet juga bisa dilakukan.
  2. Saving Money : penghematan biaya atau cost untuk pembelian hardware bisa ditekan karena peralatan feripheral bisa dipakai bersama.
  3. High reliability (kehandalan tinggi):  dari segi kehandalan, Sistem Informasi Manajemen dan kemanan data terpadu dapat diterapkan karena setiap komputer client bisa dikendalikan dari satu tempat  melalui aplikasi Remote Acces client adalah Manfaat jaringan komputer yang tidak bisa dilupakan

Manfaat Jaringan Komputer untuk Kebutuhan Perusahaan & Organisasi

Ketika bisnis berkembang, komunikasi yang baik antara karyawan sangat penting. Manfaat jaringan komputer dapat meningkatkan efisiensi dengan berbagi informasi seperti file umum, database dengan penggunaan perangkat lunak jaringan komputer dan infrastruktur IT bisa dilakukan. Evaluasi berkala, laporan keuangan, dsb bisa dilakukan secara jarak jauh, bahkan bisa mengendalikan komputer dari jarak jauh. Manfaat jaringan komputer lainnya adalah memungkinkannya teleconfrence atau rapat/tatap muka dari jauh.
Secara terinci manfaat jaringan komputer untuk perusahaan / bisnis adalah
  1. Jaringan komputer, bermanfaat meningkatkan komunikasi dengan menghubungkan antar  komputer  dan dapat bekerja pada sistem standar, sehingga  staf, pemasok dan pelanggan dapat berbagi informasi dan berkomunikasi lebih mudah
  2. berbagi informasi, akses jaringan dapat membuat bisnis lebih efisien – misalnya hubungan pusat  database umum dapat menghindari  input  data yang sama yang diketikkan beberapa kali, yang hanya akan membuang waktu dan bisa mengakibatkan kesalahan
  3. staf lebih siap untuk berurusan dengan pertanyaan dan memberikan standar pelayanan yang lebih baik sebagai hasil dari berbagi data dengan pelanggan
  4. dengan jaringan komputer dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dengan menyimpan informasi dalam satu database terpusat dan perampingan praktik kerja, sehingga:
  • dengan  jaringan komputer staf dapat menangani lebih banyak pelanggan pada waktu yang sama dengan mengakses database pelanggan
  • dengan jaringan komputer, administrasi produk bisa dilakukan secara terpusat.
  •  jaringan komputer menghemat biaya karena penggunaan sharing peripheral  seperti printer, scanner, harddisk eksternal drive tape dan akses internet secara bersama-sama.
  • jaringan komputer dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan konsistensi pekerjaan, dengan memanfaatkan jaringan komputer ini  staf memiliki semua dari satu sumber informasi, dapat dibuat ketersediaan versi manual yang didukung dari sebuah titik terpusat, sehingga memastikan konsistensi.

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Kebutuhan Umum & Rumahan

Manfaat  jaringan komputer (baik kabel ataupun  wireless) di rumah:
  1. Dapat berbagi file – file antara komputer dalam  jaringan, memberikan flexibilitas lebih daripada penggunaann floppy drive atau Zip drive. Tidak hanya itu manfaat jaringan komputer, dapat berbagi file musik, foto, dan dokumen,  jaringan rumah  dapat jug untuk menyimpan salinan dari semua data penting pada komputer yang berbeda. Backup adalah salah satu tugas yang paling penting namun sering diabaikan di jaringan rumah.
  2. Dapat dengan berbagi printer / peripheral, dengan pengaturan sharing, printer maupun peripheral lain seperti scanner, DVDR dapat digunakan secara bersama-sama.
  3. Berbagi sambungan Internet – menggunakan jaringan rumah, beberapa anggota keluarga dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa harus membayar ISP untuk beberapa account. meskipun koneksi internet sedikit melemah karena keterbatasan bandwith yang harus dipakai bersama
  4. multi-player game – banyak permainan populer mendukung modus LAN, sehingga bisa digunakan bermain bersama temen2 atau keluarga
  5. layanan telepon Internet – layanan ini disebut Voice over IP (VoIP) memungkinkan  untuk membuat dan menerima panggilan telepon melalui jaringan Internet di rumah, selain layanan ini dapat dinikmati manfaat jaringan komputer ini dapat menghemat biaya telepon
  6. Hiburan rumah – produk hiburan rumah baru seperti perekam video digital (DVR) dan konsol permainan video sekarang mendukung kabel maupun nirkabel jaringan rumah. Memiliki produk  yang diintegrasikan ke dalam jaringan mungkinkan game Internet online, berbagi video dan fitur lanjutan lainnyan dan banyak lagi lainnya dari manfaat jaringan komputer.

Topologi Jaringan Komputer

Memikirkan Topologi jaringan komputer berarti anda membayangkan  bentuk atau struktur  jaringan virtual, bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik dan perangkat  jaringan komputer sebenarnya. Sebagai contoh, ketika anda membuat jaringan komputer LAN dalam lingkaran ruang keluarga, tapi hal ini menjadi sangat tidak mungkin untuk menemukan topologi ring di sana. Topology jaringan komputer mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung, dalam artikel ini diperkenalkan standar topologi  jaringan.

Pengertian Topologi jaringan Komputer & Macam-Macam (Type) Topology  Pada Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer
Topologi jaringan komputer
Pengertian jaringan dalam hal topologinya adalah susunan geometrik dari node dan link kabel dalam LAN, Topologi jaringan komputermengacu pada bentuk jaringan, atau tata letak jaringan. Sebuah Topologi menggambarkan Bagaimana node berbeda dalam jaringan komputer  terhubung satu sama lain dan bagaimana mereka berkomunikasi ditentukan oleh topologi atau desain bentuk dan tata letak perangkat jaringan komputer. Susunan geometrik jaringan baik fisik maupun logis. pada bagian ini sakan dijelaskan dari berbagai jenis type topology yang lazim dalam perencanaan instalasi jaringan komputer LAN .
Topologi jaringan komputerJaringan terdiri dari beberapa komputer yang terhubung menggunakan beberapa jenis interface, masing-masing memiliki satu atau lebih perangkat interface seperti Network Interface Card (NIC) dan/atau perangkat serial untuk jaringan PPP. Setiap komputer didukung oleh perangkat lunak jaringan yang menyediakan fungsionalitas server atau klien. Perangkat keras yang digunakan untuk mengirim data melalui jaringan disebut media. Ini mungkin termasuk kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel. Pengkabelan standar yang digunakan untuk tujuan ini adalah 10Base-T Kategori 5 kabel ethernet. Ini adalah kabel tembaga lilit yang muncul di permukaan untuk terlihat mirip dengan TV coaxial cable. Dihentikan pada akhir setiap oleh konektor yang terlihat seperti konektor telepon. Panjang maksimum segmen adalah 100 meter.
Di bawah ini adalah diagram topologi jaringan komputer paling umum ada Enam
Kategori Jaringan berdasarkan arsitektur jaringan komputer yaitu
  1. Jaringan Berbasis server
  2. Jaringan Peer-to-peer
Dalam jaringan berbasis server, ada set komputer  yang menjadi penyedia layanan utama seperti layanan file atau layanan e-mail. Komputer menyediakan layanan ini disebut server dan komputer yang meminta dan menggunakan layanan yang disebut komputer klien.
Di jaringan peer-to-peer, berbagai komputer pada jaringan dapat bertindak sebagai klien dan server. Sebagai contoh, banyak Microsoft Windows berbasis komputer akan memungkinkan sharing file dan print. Komputer ini dapat bertindak sebagai klien dan server olehnya itu disebut  sebagai peers. Banyak jaringan adalah kombinasi jaringan berbasis peer-to-peer dan server. Sistem operasi jaringan menggunakan protokol data jaringan untuk berkomunikasi di jaringan komputer lain. Sistem operasi jaringan mendukung aplikasi pada komputer. Network Operating System (NOS) termasuk Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan lain-lain.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

  1. Topologi Type Bus
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Type Mesh
  5. Topologi Type Hybrid
  6. Topologi  Type Tree

JARINGAN KOMPUTER

pengertian jaringan komputer
Pengertian jaringan komputer

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Secara sederhana,  Pengertian jaringan komputer  adalah sekumpulan komputer berkomunikasi  satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan peralatan
Secara eksplisit Pengertian jaringan komputer sebagaimana dikutip dari Situs Techi Wire House bahwa “Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung dan ketika komputer ini bergabung dalam jaringan, maka orang dapat berbagi file dan peripheral seperti modem, printer, tape drive cadangan, atau CD-ROM drive. Secara luas jaringan komputer bisa terhubung kebeberapa lokasi yang terhubung dengan  menggunakan layanan yang tersedia dari Perusahaan penyedia Layanan Internet, sehingga jaringan komputer dapat mengirim e-mail, berbagi link ke Internet global, atau melakukan konferensi video secara real time dengan pengguna jarak jauh lainnya”.

Pengertian Jaringan Komputer menurut Kamus Besar dan Pakar

Pengertian jaringan Komputer menurut  adalah sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama   (A network is a group of two or more computer systems linked together). Definition Network By wabopedia. Com
Simple english wikipedia mengartikan Jaringan komputer adalah sebuah sekumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik. hal Ini bermakna bahawa komputer dapat “berkomunikasi” antara satu sama lain dan tiap-tiap komputer dalam jaringan dapat mengirim informasi kelainnya. Sebuah jaringan komputer adalah sekelompok komputer lebih terhubung satu sama elektronik, ini berarti bahwa kecepatan koneksi cepat – lebih cepat dari koneksi normal ke Internet
A computer network is a group of more computers connected to each electronically. This means that the computers can “talk” to each other and that every computer in the network can send information to the others. Usually, this means that the speed of the connection is fast – faster than a normal connection to the Internet
Sedangkan Ensiklopedia bebas Indonesia memberikan pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi bersama.
Menurut Izaas el Said pakar jaringan komputer mengatakan Pengertian jaringan Komputeradalah Sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.  Koneksi dapat dilakukan sebagai peer-to-peer atau client / server, biasanya hubungan antara komputer ini lebih cepat dari umumnya koneksi internet.
John Gage, chief researcher dari Sun Microsystems, (1984) memberikan Pengertian jaringan komputer adalah hubungan dari dua atau lebih komputer, dan perangkat lainnya (seperti printer, hard drive eksternal, modem dan router), yang terhubung bersama sehingga mereka dapat berkomunikasi saling berkomunikasi /perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras dan sumber daya lainnya.
Salah seorang Pakar Telematika Dosen dari Universias kebangsaan Malaysia mendefinisikan pengertian Jaringan Komputer: Sebuah sistem jaringan komputer melibatkan dua buah komputer yang dihubungkan dengan menggunakan media online  atau online telepon.  Sedangkan sistem jaringan yang rumit atau kompleks tergantung pada imajinasi masing-masing.  Khususnya, jaringan komputer berarti semua node seperti server (server), stasiun kerja (workstation), printer (printer) dan sebagainya dihubungkan satu sama lain dengan tujuan untuk berbagi informasi dan bahan. Dengan kata lain, informasi yang ada pada pengguna A dapat disebarkan kepada penguna lain dan begitu juga sebaliknya.
jaringan komputer
jaringan komputer
Kesimpulannya pengertian jaringan Komputer adalah  sekelompok komputer atau lebih terhubung satu sama lain secara elektronik. Setiap jaringan Komputer memiliki pola atau bentuk desain yang diistilahkan dengan topoloi jaringan komputer. Sebuah jaringan komputer, juga disebut hanya sebagai jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer, dan perangkat lainnya biasanya juga (seperti printer, hard drive eksternal, modem dan router), yang terhubung bersama sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan dengan demikian perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras dan sumber daya lainnya. komputer dapat “berkomunikasi” satu sama lain artinya  setiap komputer di jaringan dapat mengirimkan informasi ke yang lain.  Sekian dan semoga bisa memberi pemahaman kepada kita dari berbagai sumber mengenai Pengertian Jaringan Komputer

CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan Trik Mudah

Koneksi jaringan internet yang lambat tentunya sangat membosankan dan membuang waktu, apalagi pada saat mengakses video steaming ataupun slideshows, menghadapi situasi koneksi yang lambat bisa diatasi dengan beberapa cara mempercepat koneksi internet
Mempercepat koneksi internet di warnet atau dimanapun berada dengan koneksi speedy, wifi, dan berbagai jenis modem dengan mencoba menggunakan aplikasi browser yang menawarkan kinerja bagus dan hemat sumber daya. Ada beberapa browser yang terbukti memiliki kinerja yang bagus dan tampilan yang dan navigasi yang friendly merupakan pilihan bagi pengguna yang ingin mempercepat waktu loading dan ini merupakan cara mempercepat koneksi internet secara instan.
Terlebih lebih ketika berselancar di warnet yang kebetulan lagirami pengunjungnya, dengan trik cara mempercepat koneksi internet di warnet dengan memilih-milih browser yang sederhana mungkin bisa menghemat waktu loading halaman web dan  tidak ada salahnya mencoba browser yang tidak banyak menggunakan sumberdaya, dan manfaatkan browser yang bisa memblokir iklan yang kita tidak butuhkan.

4 Step Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Optimasi Browser

  1. Menginstall add-ons, extension dan plugin Percepat Internet (Internet SpeedUp)
  • Firefox memiliki banyak extensi yang memiliki kemampuan memblok beberapa elemen yang memberatkan waktu loading misalnya Java Script, advertisemet, Flash dan lain-lainya. Dengan memblokir beberapa elemen selain menghemat waktu loading tentunya juga menghemat quota internet jika tidak menggunakan unlimited edition. Pada Firefox kalian boleh mencoba add-on Fasterfox Lite yang menawarkan cara percepat internet dengan Firefox enhanced speed options.
  • Google Chrome adalah salah satu web browser yng menggunakan sedikit memory, sangat baik digunakan untuk mengakses web browser yang menggunakan banyak javascript dan flash. Kalian boleh mencoba add-on FastestChrome, dan extensi yang member pengalaman cara mempercepat internet.
    cara percepat internet opera chrome
    cara mempercepat koneksi internet dengan add-ons chrome
  • Opera memiliki compression technology, (Opera turbo) khusus di rancang untuk koneksi lemot. Dan menjadi pilihan yang efektif dan menyenangkan ketika mengakses video streaming for
    cara percepat internet opera turbo
    cara mempercepat koneksi internet dengan opera turbo
  • Maxthon browser, kalau menurut saya pribadi browser ini adalah favorit saya, tidak banyak memakai sumber daya dengan tampilan yang friendly dan modern. maxthon mengklaim memiliki kecepatan 400% dari google chrome dan merupakan piliha teat bagi yang ingin mempercepat laju internet
  1. Buang add-ons, extension dan plugin yang tidak digunakan. Banyak Plugin dan add-ons menawarkan cara mempercepat internet dan memberi pengalaman berselancar yang lebih efisien, tidak sedikit pula penggunaan extension dan plugin menyita bandwith dan memperlambat waktu loading halaman web secara instan. Beberapa add-ons yang tidak esensial misalnya, themes, skins dan gizmos. Coba non aktifkan dan bandingkan kecepatan internetnya setelah di remove
  • Jika menggunakan Firefox untuk menon aktifkan add-ons  Firefox, masuk pada menu Tools > Add-ons dan pilih disable pada add-ons and plugins yang tidak diinginkan kemudian restart Firefox  untuk melihat effect dari pengaturan tadi
  • Untuk menon aktifkan add-ons pada Google Chrome, masuk pada menu Customize > Tools > Extensions dan disable plugins yang tidakdiinginkan. Selanjutnya Restart Chrome untuk mendapatkan effect dari pengaturan tadi.
  • Menon aktifkan Internet Explorer dari add-ons, klik menu Tools > Manage Add-ons dan disable add-ons yang tidak diinginkan. Restart IE untuk mendapatkan efek pengaturan.
  1. Tutup Tab yang tidak digunakan.
    cara percepat internet dengan menutup tab yang diperlukan
    cara mempercepat koneksi internet t dengan menutup tab yang diperlukan
  • Kebiasaan saat berselancar di internet dengan membuka banyak halaman-halaman web dengan membuka tab baru pada browser tanpa disadari bisa membawa efek menurunnya kecepatan loading halaman, beberapa halaman web browser terupdate secara otomatis misalnya halaman-halaman facebook dan twitter adalah sebuah contoh tepat karena setiap saat selalu mengupdaate secara otomatis isi halamannya. Jika tidak digunakan lebih baik ditutup saja karena menggunakan sumber daya yang lumayan banyak.
  • Tutup tab yang tidak terpakai. Bahkan jika Anda tidak melihat mereka, banyak halaman otomatis menyegarkan diri setiap beberapa menit atau detik untuk membuat Anda di sync (halaman berita, Facebook, dan Twitter adalah contoh yang sangat baik). Tutup ini bila Anda tidak menggunakan mereka sehingga mereka tidak memakan bandwidth anda.
  1. Pengaturan cookies dan caching Browser. Cookies dan cache memungkinkan untuk disimpan sementara pada browser, bahkan riwayat browsing dan informasi pribadi dapat pula disimpan, jika hal-hal tersebut dirasa aman maka biarkan saja tersimpan pada cache browser karena mengurangi waktu loading halaman yang sama dan permintaan data pribadi yang seringkali diminta untuk dimasukkan berulang-ulang kali. Namun ingat ini hanya dianjurkan jika anda menggunakan komputer atau laptop pribadi yang hanya digunakan sendiri, tapi jika meggunakan komputer yang dipakai ramai-ramai misalnya cara mempercepat koneksi internet di warnet dengan trik ini haruslah berhati-hati sebaiknya membersihkan riwayat cache browser setelah menggunakannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya hacking terhadap data pribadi yang tersimpan padacahe browser. Perhatikan bahwa browser yang berbeda memiliki  tingkat kustomisasi cookies dan cache berbeda. Untuk mengubah pengaturan ini:
  • Pengaturan pada Firefox, masuk pada menu Tools> Options> Privacy.
     cara percepat internet setting caching browser firefox

    cara mempercepat koneksi internet dengan setting caching browser firefox
  • pada Internet Explorer, menu Tools (mungkin terlihat seperti gear)> Internet Options> Browsing History dan pastikan Hapus riwayat browsing namun pastikan untuk tetap mempertahankan data situs web favorit .
  • Chrome, masuk pada menu Tools (icon terlihat seperti kunci inggris)> Settings, gulir ke bawah, kemudian lanjut Show Pengaturan Lanjutan> Privasi> Setelan Konten.
Demikian sedikit trik mudah cara mempercepat koneksi internet dengan optimasi browser, semoga dengan langkah-langkah ini memberi pengalaman yang menyenangkan berselanjcar di jaringan komputer global

BERBAGAI METODE DAN CARA AKSES INTERNET

Cara akses internet memilki banyak metode agar bisa terkoneksi ke jaringan komputerglobal.  masing-masing memiliki teknologi sendiri-sendiri, dan setiap metode akses internet memilki kelebihan dan kekurangan.

Macam-Macam Cara Akses Internet

metode dan cara akses internet
metode dan cara akses internet
Jaringan komputer dan internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dijaman informasi serba cepat dan up to date. Kebutuhan koneksi ke jaringan global internet sudah menjadi bagian yang susah utuk dilepaskan begitu saja terutama dibidang pendidikan yang membutuhkan literature perpustakaan besar melalui jaringan internet, begitupula dengan bisnis dan organisasi pemerintah / non pemerintah sudah memanfaatkan jaringan internet untuk pertukaran data dan informasi. Macam-macam metode dan cara akses internet mulai dari yang sangat sederhana sampai pada kliem teknologi internet berkecapatan tinggi seperti yang dijelaskan dibawah ini menggunakan media transmisi kabel, wireless dan satelit.
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.